Bahas Nikah Jodoh Dan apalah itu.

DISCLAIMER : Seperti biasa isi tulisan aku akan mengandung banyak ketidakjelasan, jadi harap maklum haha.

Berawal dari aku yang sedang menunggu pesanan makanan di salah satu tempat makan, lalu aku mengunggah foto di instagram story dalam foto itu aku tuliskan “Lama kaya nunggu jodoh”

Tanpa di sangka-sangka ada notifikasi DM masuk, setelah aku buka ternyata dari Teh Irma (buat yang engga tau, Teh Irma itu soulhealer, kalian bisa cek sendiri lah kalau kepo).

“Live ig yuk, bahas tentang jodoh.” balas Teh Irma ke igs-ku

Tanpa banyak mikir, aku langsung mengiyakan dong, kapan lagi cuy. Orang lain kalau mau live sama teh irma harus lewat manager-nya dulu, lah ini aku diajakin langsung hihihihi. Tapi aku live-nya engga pakai ig pribadi, aku pakai second account aku wkwk. Biar lebih bebas.

Kita live sekitar jam 20.00, baru aja mulai, aku udah di todong dengan pertanyaan.

“Lu itu pengen nikah atau kabur Ser?”

Pertanyaan yang sebenernya simple tapi kalau kita mau jujur ini cukup nyakitin sih, mungkin engga semua orang paham dengan maksud pertanyaan ini. Jadi aku bakal cerita tentang pengalaman aku deh buat ngejelasin dikit.
Kabur dari kenyataan hidup dengan dalih menikah itu sebenernya banyak banget terjadi tapi sayang engga semua sadar sama hal ini.

Dulu aku sempet banget sih di fase pengen kabur dengan cara nikah, saat itu aku ngerasa capek aja kayanya jalanin hidup wkwk, terus mikir kayanya akan lebih enak nih kalau nikah. Punya kehidupan baru, memulai sesuatu yang baru, engga berkutat dengan masalah-masalah lama yang rasanya kaya engga ada ujungnya.

Punya suami, ada temen sparing (futsal kali ah) dan sharing, bayanginnya enak sih tapiii di sisi lain aku juga sadar, nikah engga sesimple itu. Ditambah (dulu) kalau bilang mau nikah ke bokap, aku selalu di ceramahin katanya masih kecil lah, blablabla, eh sekarang aja nyuruh mulu wkwk.

Balik lagi ke tentang nikah untuk kabur ya, jadi ekspetasi-ekspetasi tentang pernikahan itulah yang jadi pelarian, padahal kalau udah nikah mah hhmmmm ya gitu deh, masalah akan tetep ada, malah nambah sih karena hidup bareng orang baru juga kan?

Kenapa pada akhirnya suka ada aja orang yang menyesal nikah, menurutku karena ekspetasi tentang pernikahan terlalu tinggi, belum lagi niatnya juga. Pernah ada yang bilang sama aku gini.


“Jangan pernah berfikir menikah untuk bahagia, karena bahagia itu engga harus menikah. Tapi menikah ya karena kamu sudah siap menikah.”


Sampai sini pahamkan sama maksud aku tentang nikah untuk kabur?

Kenapa sih belum nikah?

Ya ampun ini pertanyaan primadona deh, buat orang yang umurnya udah diatas 23 tahun terutama cewek pasti akan sering ditanya gini, apalagi yang udah di atas 25 tahun, duuh sampe gumoh rasanya. Untuk jawab pertanyaan kaya gini aku itu mulai dari jawaban yang santai, bercanda, serius sampe kadang bikin kepala mendidih.

Aku heran kenapa banyak banget orang dimuka bumi ini yang rajin banget ngurusin urusan orang perkara nikah, emang kenapa coba. Kalau emang dia udah nikah yaudah, kan engga harus orang lain ikutan nikah juga.

Kalau harus jawab serius kenapa belum nikah, aku sebenernya agak bingung karena alasannya tuh klise banget. Aku merasa belum ketemu yang pas dan yang cocok buat di jadiin partner hidup sampai tua #ea.

Tapi kalau jawab begini pasti juga akan ada aja sih yang nyinyir, “Alah lu sih pemilih, selera lu terlalu tinggi dan blablabla.” Gubraaak cape deh.

Aku bahas tentang hal ini bareng teh Irma, engga salah kok kalau kita memilih tohh beli makanan aja dipilih dulu apalagi laki cyin. Yang engga boleh itu sombong/ blagu #duuhhhhhh


Misalnya ada yang suka sama kita, belum apa-apa kita udah gak mau dengan seribu alasan, padahal nyoba kenal aja belum. Nah begitu engga boleh, seenggaknya kenalan dulu, kan kenalan juga belum tentu cocok, seenggaknya ikhtiar. (aku tertampaarr gaes sama statement ini karena aku anaknya defense banget kalau tentang cowok)

Sebagai manusia kita itu harus ikhtiar, tapi hasil tetap Allah yang menentukan.

Menikah atau tidak menikah

Setiap orang itu punya jalan yang berbeda-beda, ada orang yang gampang banget ketemu jodohnya tapi engga berarti hidupnya mulus, lancar jaya, pasti ada aja ujiannya. Kita mah engga pernah tahu, toh kita kan cuma bisa liat sisi luar.

Dan buat yang belum menikah (yaelah kaya lagi ngaca) gak usah berkecil hati, menikah itu bukan syarat masuk surga kok hahaha. Apa pun status kamu saat ini tetap lakuin yang terbaik untuk hidup kamu.

Oh ya malem itu teh Irma bilang gini ke aku “Mungkin Allah emang belum kasih jodoh ke lu karena Allah mau lu berkembang dan belajar hal lain dulu, lu kan punya banyak potensi ya Ser cuma sama lu di sia-siain ajaa itu potensinya.”

Eh kook sakit yaa dengernya wkwk.
Daaah laaahh, udah panjang ceritanya hahaha

Published by sriradi

gak terlalu suka nulis tapi suka ngepoin tulisan hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: