Pertanyaan Aneh Saat Interview

Kali ini aku mau sharing tentang pengalaman aku interview kerja.

Rekor nganggur aku sebelumnya itu cuma dua bulan. Tapi, tahun lalu entah karena efek koroncees atau emang nyari kerja sesusah itu yaa, rekor berubah. Aku resmi melepas status karyawan awal Mei, sedangkan resmi kerja baru awal tahun ini. Pediiiih banget rasanyaaa delapan bulan jadi pengangguran (paling pedih di kantong siih).

Bulan pertama masih punya kerjaan, aku jadi admin online shop di Instagram selama satu bulan. Kerjanya cuma rebahan aja, rebahan sambil main hape. Sayangnya main hapenya bukan sekedar chattingan sih, tapi harus optimasi akun Instagram yang udah cukup lama mati suri. Syuliit ternyataaaa gaees, aku sempet setress. Bukan karena kerjaannya sih tapi karena aku full seharian di rumah.

Ternyata aku itu gak bisaa kalau bener-bener diem di rumah, gak ketemu orang sama sekali.

Walau bulan Maret sempat ada lockdown tapi aku engga sepenuhnya diem di rumah. Karena aku masih ke kantor, dan tetap mobile ke bank untuk urus kerjaan.

Jadi, saat nganggur itu harus bener-bener di rumah rasanyaaaaaaa aaakkkk gak bisa dijelaskan. Percaya atau engga ada semut lewat aja sampe aku ajak ngobrol lho. Sedih banget gak sih.

Interview pertama saat itu via telepon, pertanyaan juga standar aja menurutku. Gak ada yang aneh, cuma sekedar tanya jobdesk kerja di tempat sebelumnya, lalu di tanya gaji yang aku harapkan. Sebenernya aku keterima di tempat ini cuma gak aku ambil karena aku ngarepin di tempat lain, tapiii ternyataa tempat yang aku harapkan luamaaaa banget gak kasih kabaaaar. Wkwkwkwkwkwk siaaal ada rasa menyesal gaees. Karena harusnya bulan Juli aku udah kerja. Tapi nyatanya, waktu itu sampai Oktober belum belum juga.

Naah, selama Juli sampai Oktober ituu aku interview di beberapa tempat. Dan mulai menemukan pertanyaan-pertanyaan yang menurut aku aneh ajaaa wkwk.

Mungkin sebenarnya itu pertanyaan yang wajar banget bagi sebagian orang, tapi engga buat aku. Misalnya gini :

Apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan?

Aku kalau mendengar pertanyaan ini tuh entah kenapa keseeel banget. Kalau secara teori sih aku tahu banget gimana cara menjawab ini. Cukup kasih janji-janji manis aja sesuai sama posisi yang kita lamar, presentasikan aja skill kita di depan interviewer.

Tapi buat aku engga gitu, terlalu beraaat coy. Aku engga mau menjanjikan hal yang belum tentu bisa aku lakuin. Makanya, paling mentok aku selalu jawab “Saya akan berusaha yang terbaik selama saya kerja.”

Bener-bener cuma ituu yang bisa aku kasih sebagai jawaban. Kan gak mungkin juga aku jawab “saya akan memajukan perusahaan ini.” Ngoook, emang gue siapeee. Wkwk

Sialnya, pertanyaan ini sering banget ditanyain. Termasuk di perusahaan tempat aku kerja sekarang. Jawaban aku tetap sama.

Kalau di tempat lain, saat aku jawab begitu, yauda aja gitu engga ada pertanyaan lebih lanjut. Paling ganti pertanyaan lain. Tapi beda sama atasan aku sekarang. Dia mendebat abis-abisan jawaban yang aku kasih.

Aku paham banget sih jawaban yang aku kasih itu terlalu ambigu, gak jelas apa yang bener-benar bisa aku kasih untuk perusahaan.

Tapi, saat itu aku bilang :

“Saya gak ngerti jawaban seperti apa yang bapak harapkan, karena saya juga tidak bisa menjanjikan sesuatu yang belum tentu bisa saya lakukan. Saya cuma bisa berjanji apapun pekerjaan saya nanti, saya akan berusaha bertanggung jawab dan tidak akan pernah menyerah begitu saja”

anjayy banget gak tuh, apa enek banget jawaban yg aku kasih wkwk.

Si bapak masih keukeuh siih merasa gak puas sama jawaban yang aku kasih, apalagi saat ditanya skill bahasa Inggris, aku bilang skillku B aja alias banyak gak bisanya.

Si bapak sempet bilang “Gimana kamu bisa bertahan kalau bahasa Inggris kamu aja gak bagus?”

Skill itu bisa dilatih pak, saya bukan yang 100% gak bisa bahasa Inggris, saya waktu kuliah juga ngomongnya dalam bahasa Inggris tapi karena sekarang gak pernah pake bahasa Inggris aja jadi cuma sekedar texting” asli owee mulai ngeyel hahaha. Padahal waktu kuliah jg ngomong bahasa Inggris modal nekat hahaha.

“Kalau ternyata kamu bergabung dengan kita, lalu kinerja kamu tidak sesuai dengan standard kami, gimana?” tanya si bapak lagi.

“Yauda, bapak pecat saya aja. Berarti saya gak cocok di tempat bapak.” Aing deg-degan passs ngomong beginiii cooy hahaha.

Dan itu jadi penyataan penutup saat itu, alhamdulilah-nya aku keterima gaees. Dan udah sebulan lebih aku gak di pecat, semogaa bertahan minimal lima tahuun. Aamiin.

Kok IPK-nya kecil

Ada yang pernah gak sih dapat pertanyaaan macem gini? aku sekali-kalinya lhoo di tanyain. Pertanyaannya gini lho.

“IPK kamu cuma 2,97 kenapa? ini kecil lho.” dengan nada mengintimidasi gitu.

Aku heran aja, kalau emang IPK aku gak sesuai standar yang dia cari yaaa kenapa nganaaa manggil interview? kan aneeh.

Bukan apa-apa sih, aku jadi susah menjawab. Masa iyaa aku kudu jelasin, waktu itu hidup saya lagi kacau pak, jadi sering bolos kuliah. Kan gak mungkin bambaaaaang.

Saat itu aku jawabnya “Saya pernah bolos UAS pak, ada beberapa mata kuliah yang kena SP.”

Eh si bapak dengan entengnya bilang.

“Gak ngaruh sih itu.”

“Kayanya ngaruh pak, udah SP nilainya kecil, pas kuliah banyak bolos pula” kzl aku, dan aku gak keterima sih buakakakakaka.

Bisa kerja di bawah tekanan?

Ini pertanyaan primadona sih karena seriiing banget dapet pertanyaan ini.

Kenapa aku bilang ini aneh, yaa karena kesannya kerja di situ sama dengan banyak tekanan.

Tapi seringnya aku jawab “bisa”. Yaa jangankan kerja dibawah tekanan, hidup saya aja selalu di bawah tekanan wkwkwk.

Sekian.

Published by sriradi

gak terlalu suka nulis tapi suka ngepoin tulisan hahaha

38 thoughts on “Pertanyaan Aneh Saat Interview

  1. Wawancara kerja emang bikin deg2an total sih..hehe..
    Kalo pertanyaan wawancara yang sejauh ini bikin ga nyaman itu pertanyaan privasi misalnya ttg keluarga..
    Gw pernah ngalamin ini, jadi gw jawab sesingkatnya aja..
    Jurus ngeles mode on..hehe..
    Btw, nice post!

    Like

  2. Pertanyaan ajaib, apa yang bisa kamu berikan ke perusahaan ini? pengen berikan sesuatu yang bermanfaat pak. Tapi biasanya kalau sudah masuk sistem, sulit untuk mengubah sistem yang ada…wkwkwkkw…tapi emang pertanyaan itu membingungkan kok. Kerja dan kenal lingkungan aja belum, sudah ditanyain apa yang akan diberikan…wkwkwkwk
    Selamat untuk pekerjaan barunya, semoga betah dan bisa bertahan. Salam untuk bos nya 😀
    Rivai. H

    Like

  3. Hehe bacanya sambil ngikik nih. Share juga dong jawaban atau ekspresi dari yang interview pas dikasih jawaban yang jujur banget 😀

    Semoga betah di kerjaan yang sekarang ya, Kak. Fighting!

    Like

  4. Aku dari lulus SMK belum pindah kerja, jadi udah lama banget nggak ngerasain interview. Ternyata pertanyaannya saat interview aneh-aneh dan sulit dijawab ya, dulu aku cuma ditanya identitas aja haha

    Like

  5. Duh jawaban kamu bikin luluh ya kak. Aku sejak lulus kuliah kerja di kantor yang sekarang ini belum pernah pindah kantor, jadi gak ngerasain interview ditanyain aneh-aneh gitu. Pengen ngerasain tapi kok deg deg an duluan ya, eh >.

    Like

  6. Baca cerita kakak aku berasa kayak flashback lagi dong heheh, pertanyaan primadona “bisa gak kerja di bawah tekanan” Asli ini tanpa ditanya pun pasti kita pernah ngerasa di posisi tertekan selama kerja, dan tetep kita kerjain karena tanggungjawab..

    Semangat kak di tempat barunya 😊

    Like

  7. Bahahaha sharing yang menarik dengan pertanyaan unik unik. Gw sering bikin istilah interview kerja adalah seni menjual diri, bukan dalam konotasi negatif ya.

    cuma sayangnya gw juga ga jago dalam menjual diri. Koroncess juga ngaruh sih buat nyari kerja, banyak banget berseliweran di linkedin lamaran tapi lebih banyak lagi yg sulit dapat kerja.

    Segitu besar efek dominonya.

    Gw juga berencana pindah kerja. tapi paling takut ya dapat pertanyaan aneh dan primadona itu.

    ini interview aja udah tertekan. masih di tanya pula bisa kerja di bawah tekanan.

    Like

  8. Bisa ga ya, pas pertanyaan “kok IPK nya kecil”, terus di jawab. “Saya kurang beruntung pak memang dibanding lulusan universitas yang lain, karena ketika saya di wisuda, IPK tertinggi 2.97 pak”.

    Alhamdulillah diterima ya. Selamat kembali kerja.

    Like

  9. Wah, selamat atas pekerjaan barunya, Kak..sudah lewat sebulan semoga lancar jaya sampai 5 tahun ke depan atau sesuai dengan yang direncanakan
    Memang pertanyaan interview kadang ajaib ya…..tapi jawaban tentang kalau kinerja enggak sesuai mau apa, pecat aja…itu jawaban jujur yang menunjukkan keseriusan kita, padahal deg-degan juga pas jawab ya hahah

    Like

  10. Mba Sri memang bisa aja kalo ngebayol, Kalimat terakhir relate dengan saya juga mba,
    Btw saya baru siap baca cerita mba di Buku koma tanpa titik, Mba Sri memang Luar Biasa, sekali lagi goog luck ya Mba

    Like

  11. Selamat Kak akhirnya kerja juga & ada penyelamat kantong ya. Btw, aku ngakak nih, suka deh gaya berceritanya seru. Emang sih interview itu pertanyaannya ajaib-ajaib banget. Kadang bingung mau jawab apa.

    Aku pernah interview di perusahaan yang ternyata bosnya adalah teman bosku. Dan dia nanya apakah bosku tahu aku interview di tempat dia. Itu deg-degannya ampun-ampun deh.

    Like

  12. Dulu aku pernah di interview di bagian QC , ditanya apaa kekuranganmu. Dg polos aku blg, aku suka pecahin alat gelas. Memang yg terlalu jujur susah keterima ya.

    Like

  13. Ser kamu ngomongin apa sama semut…kalian ngobrol pake bahasa apa…hahahaa….btw semakin sering wawancara lama2 apal ama pertanyaannya ya…hahaa….sesekali ntr coba kamu blg gini ser…” pak/bu kenapa kalau wawancara hang ditanya itu2 aja…ada pertanyaan lain gak?”…wkwkwk….btw congrats for new job ya beb…enjoy!

    Like

    1. Pake bahasa Indonesia wkwkwk aku tanyain semutnya abis dari mana dia bolak balik Mulu hahahahah

      Aamiin, tp bener aku sampe hafal pertanyaan interview pas kmrn nganggur thh

      Like

  14. Maaf ya kak kalau merasa kok aneh-aneh yang ditanyakan saat interview. Sebagai HR boleh ya saya info apa dibalik pertanyaan tsb. Misal tentang IPK, related ke TJ, kemampuan membagi waktudengan aktivitas lain misalnya, keminatan, hasil akhir maupun presentasi diri, dll. Ataupun pertanyaan aneh lainnya. Satu jawaban khas yang ‘terjaring’ bisa jadi kartu diterima tidaknya kita bekerja. Jadi selamat ya kak lolos dari ‘perangkap jaringan’ . Semoga sukses ya

    Like

  15. Aku malah pernah ditanya,

    Apa kamu yakin bisa mengerjakan pekerjaan ini?
    Aku posisinya fresh graduate.

    Aku jawab, aku ga tau bisa kalau ga mencobanya.

    Terus dia bilang “kamu pikir bekerja itu coba coba?”

    Terus dia ngomel ngomel kak.

    Aku lebih bingung dengan interviewer yang berekspetasi tinggi tentang calon karyawannya.

    Like

  16. Waah semoga bertahan di kantor yang kakak suka yaa. Ngomongin tentang interview sebenenernya paling nakutin tuh pertanyaan apa kelemahan kamu. Hahha. Aku udah lama banget nggak interview. Dulu abis lulus kuliah rasanya interview tuh kayak jadi makanan harian. Bahkan kadang suka udah nebak lolos nggak lolos dari ekspresi interviewernya.

    Like

    1. Asli ngakak banget kak ser, cuma mau bilang ” gue suka gaya loe ” (candaa kak)
      Pertanyaan kaya gitu emang selalu ada kak tiap interview, kamu bisa bekerja dibawah tekanan?

      Semoga lancar dan betah di tempat kerja yang baru ya kak, semangattt.

      Like

  17. Seru pisan ih baca tulisannya kak Sher ini. Lucu, jujur, apa adanya. Sukaaa. Tetep menarik meski sederhana karena ceritanya mengalir dan ringan.
    Kalau menurut aku, gaya bahasa atau ceritanya bisa dibukukan alias coba dibuat versi bukunya kak(kalau mau, suka dan tertarik). Ide ceritanya bisa tentang cerita pengalaman mencari kerja yang dibumbui dengan kehidupan cerita sehari-hari. Cmiiw.

    Like

  18. Interview..hmm..beberapa kali dulu conduct interview, tapi aku ga pernah sih ngajuin pertanyaan gitu2 hahahha..mungkin karena tiap perusahaan jg beda2 ya prioritas penilaian calon karyawan dan juga bagaimana cara menilainya sblm menerima calon karyawan tsb.

    Like

    1. Iyaa bener sebenernya mungkin itu pertanyaan wajar bagi interviewer, tapi menurut aku yg paling aneh ditanya kenapa IPK kecil, lah kenapa dia manggil org yg IPKnya kecil cobaa

      Like

  19. Jangan menjanjikan sesuatu yang belum tentu bisa kuta lakuin. Cukup berusaha yang terbaik selama yang kita bisa..

    Ini kata2 favorit aku nih, karena memamg bukan tipikal bullshit. Wkkwkwkwk

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: